Senin, 30 Juni 2008

PENYULUHAN PETERNAKAN

PENYULUHAN NUTRISI DAN KESEHATAN SAPI POTONG LOKAL


Lokasi : Desa Randu Gading, Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang
Pelaksana : PPSKI Jawa Timur yang di ketuai Oleh Ir. Sulistyo
Pemateri : 1.Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Prof. Kusmartono selaku PD I)
2.Team ahli PT Agrisatwa Jaya Kencana unit Gondanglegi Malang
Waktu : Minggu 15 Juni 2008
Peserta : 1. sekitar 100 Peternak dari desa Randu Gading dan Sumber Suko
2. 8 orang anggota dari kelompok tani "Harapan Tani" desa Kaliboto Lor
Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang
3. Aparat desa Randu Gading Kecamatan Tahinan kabupaten Malang

Dalam penyuluhan ini terlihat peternak sangat antusias menyimak informasi yang disampaikan para pemateri. Hal yang sangat ditekankan dalam acara kali ini adalah menjaga kesehatan ternak seperti pemberian obat cacing dengan benar, pengaturan sirkulasi udara kandang serta pemberian ransum sapi dengan tepat sesuai dengan potensi daerah masing-masing sangat berperan dalam proses pemeliharaan sapi baik untuk pemeliharaan pedet, sapi bakalan maupun indukan. (Selengkapnya bisa di lihat di materi bulan Juni 2008)
Petani peternak harus diakui eksistensinya, karena dengan keterbatasan yang dihadapi mereka sudah mampu mencukupi berjuta-juta ton daging untuk pemenuhan konsumsi protein asal hewan (dalam hal ini ternak sapi) , Tata cara beternak yang didapat dari para pendahulunya sudah terbukti bagus dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
Sementara penelitian, inovasi yang tiada henti sangat jarang aplikatable dan bisa disampaikan kepada masyarakat petani peternak, sebagai salah satu bukti bahwa sebuah acara penyuluhan peternakan yang menyampaikan materi praktis dan aplikatif dihadiri oleh ratusan peternak yang memang haus akan informasi dan pengayaan intelektual mereka. Untuk itu melalui blog ini saya mengundang bagi anda yang peduli dengan dunia peternakan di grass root untuk bisa berprtisipasi secara langsung baik berupa sumbangan pemikiran maupun sharing informasi. Semoga dunia peternakan kita bisa Jaya.....


Tidak ada komentar: